Inilah 8 Cara Membedakan Jam Tangan Fossil Asli dan Palsu!

 

Pada era sekarang ini, banyak sekali barang replika yang telah diproduksi secara besar-besaran terhadap beberapa merek mendunia. Dengan canggihnya teknologi dan perkembangan zaman yang semakin pesat, membantu hasil replika semakin mirip dengan barang asli. Sama seperti produk koleksi dari Fossil yang kini semakin banyak pihak yang ingin mereplika untuk mendapatkan keuntungan. Mulai dari tas, dompet, aksesori, hingga jam tangan pun ada yang berusaha untuk melakukan pemalsuan.


Tetapi kamu tidak perlu khawatir, karena produk asli Fossil memiliki banyak ciri khas yang sulit untuk ditiru, terlebih jam tangan Fossil. Khusus untuk jam tangan, Fossil sengaja untuk membuatnya lebih autentik dan lengkap pada setiap produknya. Entah itu dari desain kemasan, tanda logo asli, atau apa pun itu yang bisa membuat jam tangan Fossil sulit untuk dibuatkan replika. Kamu bisa simak di bawah ini untuk mengetahui beberapa cara membedakan jam tangan Fossil asli dari yang palsu.


1. Kemasan Autentik Fossil

Hal pertama yang terlihat saat membeli jam tangan Fossil ialah kemasan box berbahan tin can atau karton tebal. Tak hanya kemasan polos, tetapi merek membuat kemasannya dengan rancangan yang cukup unik dibandingkan merek lain. Umumnya untuk jam tangan versi tertentu atau produksi lama akan dibalut dengan kemasan kaleng dengan desain gambar dan ilustrasi berbeda setiap produk. Namun, untuk yang lain akan dilengkapi dengan kemasan karton tebal dengan tutup yang identik atau transparan. Tidak lupa, masing-masing dari kemasan tersebut pasti memiliki logo Fossil asli yang di cetak, bukan dalam bentuk cap atau label.


2. Warna Sesuai dengan Foto Resmi

Apabila kamu beli jam tangan Fossil di e-commerce selain situs resmi, biasanya warna yang tidak sesuai akan sering terjadi dan produk tersebut dapat dikatakan palsu. Bahkan mungkin saja kamu sampai tidak sadar akan perbedaan warna yang ada pada jam tangan tersebut. Sehingga menganggap produk yang kamu beli asli padahal palsu. Apa yang bisa kamu lakukan adalah mencari foto resmi jam tangan yang sesuai di situs resmi Fossil. Lalu, kamu bandingkan dengan produk fisik yang telah kamu terima. 


3. Memiliki Garansi

Semua produk jam tangan Fossil asli, pasti mempunyai garansi untuk mengajukan kerusakan. Garansi ini nantinya dapat kamu gunakan jika kerusakan terjadi pada mesin saat pembuatan di pabrik, dial, jarum jam, dan penggantian baterai. Kalau barang kamu palsu, dapat dijamin jam tangan yang kamu beli tidak memiliki garansi. Jika ternyata dilengkapi dengan garansi, kamu perlu memastikan garansi tersebut langsung ke toko resmi Fossil. Karena masing-masing garansi terdapat kode khusus yang dapat mengidentifikasi setiap produk meski model yang sama.


4. Terdapat Nomor Seri Pada Bagian Belakang Jam

Bagi para pelanggan setia Fossil mungkin sudah tau bahwa setiap model jam tangan dari Fossil mempunyai nomor seri. Seperti FS5838, BQ2512, ES3077, atau BQ1574, itu semua adalah contoh nomor seri dari beberapa model jam tangan Fossil. Kamu dapat langsung melihat bagian belakang jam tangan milikmu dan mencocokan nomor tersebut dengan apa yang telah tertera di situs resmi. Karena bisa saja nomor seri memang tertulis pada bagian belakang jam tangan, tetapi nomornya berbeda dengan yang asli.

Perbedaan Jam Tangan Fossil Asli & Palsu

5. Memiliki Emboss Logo Pada Strap Kulit

Apakah kamu sadar bahwa masing-masing dari strap kulit jam tangan Fossil asli memiliki emboss logo merek? Jika kamu perhatikan, umumnya strap kulit Fossil diberi emboss logo yang berbentuk layang-layang menyamping. Tetapi, logo tersebut juga bergantung pada model jam tangan yang kamu pilih atau kapan produksinya dilaksanakan. Meski mungkin cukup mudah untuk ditiru, tetapi emboss asli yang diciptakan oleh Fossil, mudah untuk dibedakan dengan jam tangan Fossil palsu. 


6. Memiliki Emboss “Fossil” Pada Buckle

Bila emboss logo pada strap kulit cukup mudah untuk ditiru, emboss pada buckle adalah yang jarang sekali muncul di jam tangan Fossil palsu. Strap dengan bahan apa pun yang kamu beli, baik kulit, silikon, stainless steel, rubber, atau apa pun, semuanya tentu memiliki emboss tulisan “Fossil” pada bagian buckle-nya. Beberapanya emboss bahkan sengaja dibuat sangat dalam, membuat para pihak yang melakukan replika sulit untuk meniru ciri khas yang satu ini. 


7. Harga Tidak Jauh Dari Situs Resmi Fossil

Salah satu hal yang paling tricky dalam memilih barang ialah harga. Terkadang kamu bisa saja tergiur dengan harga yang murah dan meyakinkan diri kamu bahwa barang tersebut asli. Kenyataannya, kamu harus memastikan bahwa harganya tidak jauh berbeda dengan harga Fossil global. Kebanyakan barang replika mempunyai harga murah yang terkadang tidak masuk akal. Jangan tertipu hanya karena harga murah, tetap pastikan diri kamu selalu terpaku pada ciri-ciri jam tangan Fossil asli.


8. Beli di Toko Resmi

Terakhir, sudah pasti pembelian langsung di toko resmi akan terjamin produk asli. Kamu tidak perlu khawatir, membeli di toko resmi bukan berarti kamu harus hadir di toko offline terdekat yang telah tersedia di seluruh Indonesia. Fossil telah mengikuti perkembangan zaman dan memiliki situs belanja sendiri, disediakan khusus untuk kamu yang menyukai berbelanja secara online. Kalau kamu belanja di toko resmi, pastinya banyak banget hal yang bisa kamu dapetin. Seperti layanan pengembalian, perbaikan, garansi, konsultasi perawatan, dan yang paling menarik adalah promosi yang akan selalu menemani keranjang kamu. Jadi, pastikan kamu beli produk Fossil langsung di toko resmi ya!

 

Message Us
0